oleh

Hari Pahlawan 2020, Guru MTsN 3 Jombang Ziarah Makam Mbah Wahab

Jombang, Jurnal Jatim – Para guru MTsN 3 Tambakberas, Jombang, Jawa Timur melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional KH Abdul Wahab Chasbullah di kompleks makam keluarga Pondok pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Kabupaten Jombang, Selasa (10/11/2020).

Ziarah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai dengan anjuran pemerintah tersebut dalam rangka hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Di dalam area makam Mbah Wahab, puluhan guru bersama-sama membaca tahlil dan doa secara khusuk yang ditujukan kepada kiai Wahab sebagai bentuk penghormatan pahlawan pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama.

Kepala MTsN 3 Jombang, Moch Syuaib mengatakan ziarah dengan rangkaian tahlil dan doa untuk mendoakan kiai Wahab dan masyayikh serta para pejuang lainnya. Harapannya mendapat berkah dari pejuang agama tersebut.

“Kita ingin tabarukan (Ngalap Berkah) meneladani perjuangan beliau yang merupakan pahlawan nasional pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama sekaligus pendiri Pondok Pesantren Bahrul Ulum dan MTsN 3 Tambakberas,” katanya usai ziarah.

Kepala MTsN 3 Tambakberas Jombang, Moch Syuaib/ Zainul Arifin
KBM tatap muka bulan Januari

Semenjak pandemi COVID-19 melanda, aktivitas masyarakat dibatasi, bahkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dihentikan sementara guna menghindari penularan virus corona. Namun, hingga saat ini belum diketahui pandemi berakhir.

Harapannya, mendoakan para pahlawan di antaranya melalui perantaran Kiai Wahab Chasbullah, maka pandemi COVID-19 segera hilang dari muka bumi ini. Dengan begitu, aktivitas belajar tatap muka bisa kembali normal.

“Dengan kirim wasilah (perantara) ke makam Mbah Wahab ini, Pandemi COVID-19 bisa segera berakhir dan MTsN 3 Tambakberas, Jombang segera bisa melaksanakan KBM tatap muka,” ujarnya.

Di masa pandemi, Syuaib berpesan pada seluruh siswa dan siswinya agar tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna mencegah penyebaran COVID-19.

Dengan mentaati protokol kesehatan, Syuaib melanjutkan, maka persiapan penilaian akhir semester dan persiapan masuk tatap muka terbatas bisa terlaksana sesuai dengan jadwal.

“Yang mana target kami di bulan Januari 2021, semester genap kita akan melaksanakan tatap muka terbatas. Sehingga dengan wasilah dan berdoa bersama, semoga doa para masyayikh muasis Bahrul Ulum bisa makbul (terlaksana),” pungkasnya.

 

Editor: Azriel