oleh

Kronologi Tabrakan Mobil Pengiring Pengantin di Jombang Hingga Ringsek

Jombang, Jurnal Jatim– Kecelakaan lalu lintas dialami mobil toyota avanza yang membawa penumpang pengiring pengantin di Jalan Raya Desa Ngrandu lor, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (8/11/2020).

Mobil itu tabrakan dengan daihatsu Xenia nopol N 1727 EHX yang berjalan dari arah berlawanan. Kendati tak ada korban jiwa, namun insiden itu mengakibatkan dua mobil rusak parah dan ringsek bagian depan.

“Mobil tabrakan adu depan. Tidak ada korban jiwa, penumpang luka dan sudah dibawa ke puskesmas,” kata Sopir Avanza, Abdul Ghofur (45).

Informasi yang dihimpun Jurnaljatim.com, kronologi laka lantas yang terjadi sekitar pukul 9.00 WIB bermula 4 mobil rombongan pengantin berjalan beriringan dari Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Jombang dengan tujuan ke Desa Grogol, Kecamatan Diwek, Jombang.

“Ini rombongan 4 mobil tujuan ke Diwek mengiringi pengantin pak,” kata Abdul Ghofur, sopir Avanza di lokasi kejadian.

Dalam perjalanan itu, mobil paling depan berpenumpang kedua pengantin putra dan putri. Berikut di belakangnya tiga mobil pengiring pengantin.

Nah, mendekati lokasi kejadian muncul kendaraan Daihatsu xenia nopol N 1727 EHX yang berjalan dari arah berlawanan yakni arah selatan ke utara. Rombongan lalu berpapasan dengan Xenia tersebut.

Saat berpapasan dengan rombongan pertama dan kedua semua berjalan lancar. Setelah itu Xenia yang dikemudikan Totok Kurniawan (42) asal Desa Jatigowi, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang oleng ke kanan dan langsung menabrak avanza nopol L 1259 ZG yang berjalan di urutan rombongan ke tiga.

“Posisi yang dari selatan itu lajunya sangat kencang sekali dan sudah menghindari dua mobil yang di depan pengantin itu, habis itu turun dari jalan kemudian banting setir menghantam mobil (Avanza) ini,” kata Harianto, perangkat Desa Kedungbetik di lokasi.

Tabrakan keras membuat dua minibus itu rusak parah pada bagian depan. Masih beruntung 8 orang penumpang avanza dan sekitar 4 orang penumpang xenia selamat dan hanya luka-luka.

Harianto menambahkan, korban yang dari pihak rombongan pengantin Kedungbetik sekitar 3 orang luka dan langsung dibawa ke puskesmas untuk mendapat perawatan.

Harianto menyebut, mobil Xenia yang menabrak merupakan rombongan dari Malang yang juga mengiringi pengantin. Namun, Harianto tidak tahu persis tujuan mobil itu.

“Kalau kita ini mau mengiringi pengantin ke Diwek. Kalau yang Xenia itu dari malang, katanya juga mau mengiringi pengantin, tapi tidak tau tujuannya kemana. Soalnya semua langsung dibawa ke puskesmas,” ujarnya.

Kanitlaka Satlantas Polres Jombang Iptu Sulaiman membenarkan kecelakaan lalulintas itu. Keterangan yang didapat dari olah TKP, saat itu ban mobil Xenia sebelah kiri depan turun jalan.

Setelah itu, pengemudi membanting setir ke kanan dan menabrak avanza yang berjalan berlawanan dari utara ke selatan.

“Faktor yang mempengaruhi laka lantas terjadi pada pengemudi mobil Daihatzu Xenia saat mengemudikan kendaraan di jalan yang sempit kurang hati hati,” ujarnya.

Petugas yang ada di lokasi kejadian mengevakuasi kedua bangkai kendaraan dengan menggunakan mobil derek. Pihak kepolisian masih menyelidiki secara pasti penyebab laka lantas tersebut.

 

 

Editor: Azriel