oleh

Potret Arumi Bachsin Dengan Masyarakat Suku Osing di Banyuwangi

Banyuwangi, Jurnal Jatim – Ketua penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin melakukan kunjungan ke Kabupaten Banyuwangi dan menyempatkan diri untuk bertemu masyarakat suku Osing.

“Menyempatkan mampir sebentar ke Desa Kemiren, bertemu masyarakat Osing, di Kabupaten Banyuwangi,” tulis Arumi Bachsin dalam keterangan foto yang diunggah di akun instagram @arumibachsin_94.

Masyarakat Suku Osing merupakan penduduk asli Banyuwangi, Jawa Timur yang hidup pada pemerintahan kerajaan Blambangan.

Suku Osing Banyuwangi juga memiliki adat istiadat budaya dan bahasa yang berbeda yaitu bahasa jawa dan Madura. Selain itu suku ini juga sering disebut ” Wong Blambangan “.

Arumi Bachsin di rumah warga Suku Osing Banyuwangi. Instagram.com/arumibachsin_94

Arumi menyebut, daerah yang dikunjungi tersebut merupakan desa wisata yang unik dan hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor atau jalan kaki saja.

“Desa Wisata yang satu ini unik, masuknya memang hanya bisa ditempuh pakai motor atau jalan kaki, ga jauh sih, tapi pas udah nyampe sini bikin betah dan lupa pulang,” tulisnya.

Arumi Bachsin melihat aktivitas ibu ibu suku Osing Banyuwangi. Instagram.com/arumibachsin_94

Di desa tersebut, istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak tersebut kagum melihat masyarakat yang masih mempertahankan adatnya, seperti menebuh gilingan padi tradisional dan lainnya. Berada di tengah masyarakat itu aktris ini sangat mengesankan.

“Melihat masyarakat nya masih mempertahankan adat seperti menebuh gilingan padi tradisional sampai membuat irama musik, ngeliat mbah-mbah nya masih nyirih/nginang, rumah adat yang masih terawat banget dan juga nyobain makan pecel pitik ditambah uyah asem yang nikmat. Sayang cuma sebentar tapi berkesan,” tutupnya.

Arumi Bachsin bersama masyarakat Suku Osing Banyuwangi. Instagram.com/arumibachsin_94

 

 

Editor: Hafid