oleh

Tim Jibom Brimob Polda Jatim Evakuasi Granat Temuan Warga Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Tim penjinak bom (Jibom) Brimob Polda Jatim mengevakuasi benda diduga Granat yang ditemukan warga Dusun Mulyorejo, Desa Grobokan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (19/11/2020) malam.

Granat berbentuk nanas itu ditemukan pekerja bernama Sagi (67) ketika sedang menggali pondasi bangunan rumah milik Candra Setia Bekti warga setempat.

Saat itu, Sagi bersama pekerja lainnya sedang melakukan penggalian tanah berkedalaman sekitar 60 sentimeter, tiba-tiba alat cangkulnya menghantam benda keras. Setelah diamati, benda itu bentuknya seperti nanas.

“Waktu mencangkul atau menggali kan banyak batu batu bulat gitu, posisinya di tengah tengah berdiri. Terus saya lihat bentuknya seperti nanas. Bagian atasnya sempat terkena cangkul,” kata Sagi.

Dikiranya benda itu merupakan benda peninggalan sejarah seperti Bokormas. Ia baru tahu setelah pekerja lainnya memberitahunya jika itu adalah granat. Temuan itu lalu dilaporkan ke polisi.

“Saya kira bokormas terus saya lihat kok seperti nanas. Agak jengkel juga terus saya pande sedikit ujungnya lepas. Taunya (Granat) dari teman-teman semua, bilang ini granat,” ucapnya.

Benda diduga granat berbentuk nanas temuan warga Jombang/ Zainul Arifin

Kapolsek Mojowarno, Jombang, AKP Yogas membenarkan temuan itu. Benda diduga granat itu ditemukan Rabu 18 November sekitar pukul 10.00 WIB dan dilaporkam hari ini oleh perangkat desa setempat.

Setelah menerima laporan itu, pihaknya datang ke TKP dan mengamankan lokasi temuan. Petugas kepolisian juga memasang police line di sekitar temuan guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Mantan Kapolsek Gudo tersebut menambahkan, belum diketahui secara pasti apakah granat nanas itu aktif atau tidak. Sesuai prosedur, temuan itu ditangani oleh tim khusus yang menanganinya.

“Kami belum tahu betul aktif apa tidak, karena kita tidak boleh underestimate (meremehkan), maka tetap kita amankan supaya tidak membahayakan warga,” tutupnya.

 

 

Editor: Azriel