oleh

Satresnarkoba Polres Jombang Semprot Cairan Disinfektan Rumah Warga

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Pandemi COVID-19 terus meluas ke sejumlah daerah. Pemerintah Kabupaten Jombang pun telah menetapkan daerahnya darurat COVID-19. Jombang juga menjadi zona merah di wilayah Jawa timur setelah salah satu warga dinyatakan positif COVID-19.

Mengantisipasi penyebaran virus corona, Satresnarkoba Polres Jombang bersama warga masyarakat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan RT 01 RW 01, Kelurahan Jombatan, Kecamatan Jombang kota.

“Sesuai dengan edaran pemerintah, kami bersama warga masyarakat, ada Pak RT dan RW bahu membahu bekerjasama melaksanakan penyemprotan untuk menangkal penyebaran COVID-19 di lingkungan RT 01 RW 01 Keluarahan Jombatan,” kata AKP Mochamad Mukid, Kasatresnarkoba Polres Jombang, Selasa (31/3/2020).

Rumah dan Pos Kamling disemprot

Pantauan Jurnaljatim.com, puluhan rumah warga di lingkungan RT 01 RW 01, satu persatu disemprot cairan disinfektan oleh warga. Bahkan, Mukid juga turun langsung menyemprotkan cairan disinfektan tersebut. Harapannya, warga bisa terhindar dari pandemi virus corona.

“Cairan ini berbahan hidroclorida sesuai dengan standar WHO. Kita pakai hampir 3 liter untuk 2 galon, dan cukup untuk disemprotkan di lingkungan sini,” ujarnya.

Selain halaman rumah warga yang berjumlah 60 KK (Kepala Keluarga), penyemprotan juga dilakukan di pos kampling yang merupakan tempat fasilitas umum. “Semoga dengan pelaksanaan ini bisa memutus mata rantai virus corona,” ucap Mukid disela penyemprotan.

Himbau untuk berada di rumah

Perwira pertama Polres Jombang tersbut juga menghimbau warga masyarakat untuk berada di rumah atay Stay at home. Jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Himbauan itu sesuai dengan maklumat Kapolri Jenderal Pol Idam Aziz.

“Kami menghimbau seluruh warga, terutama warga dilingkungan sini untuk berada di rumah, itu juga sesuai arahan dan maklumat Kapolri. Upaya itu untuk menjaga COVID-19,” tegas Mukid.

Warga pasang tempt cuci tangan

Sementara itu, seluruh rumah warga setempat, di depan rumahnya tersedia timba kecil dan sabun. Terdapat pula pesan tulisan untuk selalu mencuci tangan. “Iya, disini semua sudah menyediakan tempat cuci tangan didepan rumah. Itu kesadaran mereka dan tidak ada paksaan,” ujar Sukandar, ketua RT 01 RW 01, Jombatan.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Jombang yang turut serta dan peduli melakukan penyemprotan ke rumahnya. Sehingga, warga bisa aman dan terhindar dari virus corona yang sudah menelan ribuan korban jiwa.

“Terimakasih kepada Satrenarkoba Polres Jombang yang turut peduli dengan melakukan penyemprotan seperti ini. Semoga warga kami terhindar dari virus corona,” kata Sukandar.

Pensiunan Polri tersebut juga terus mengingatkan warga untuk tidak panik namun tetap waspada. Selain itu juga mentaati himbauan pemerintah dan maklumat Kapolri, agar tidak terjangkit COVID-19.


Editor: Hafid