oleh

Berkurban, Ini Makna Iduladha di Mata Kasatresnarkoba Polres Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Kurban menjadi salah satu yang dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menunaikannya. Selain menanamkan jiwa keikhlasan, berkurban merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat Allah.

“Makna kurban adalah keikhlasan. Selain itu, berkurban juga untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama dengan berderma,” kata Kasatresnarkoba Polres Jombang, AKP Mochamad Mukid kepada Jurnaljatim.com, Jumat (31/7/2020).

Mukid menuturkan, pada iduladha 1441 hijriyah tahun 2020, ia dan anggota satuan fungsi yang dipimpinnya kurban 8 ekor hewan kambing. Hewan kurban itu diberikan langsung ke warga dalam keadaan hidup atau belum disembelih.

“Di sini (Polres Jombang) juga sudah ada penyembelihan. Jadi, hewan kurban saya dan anggota Satresnarkoba diberikan ke pondok pesantren dan warga untuk disembelih lalu dagingnya dibagikan ke yang membutuhkan,” tuturnya.

Hewan kurban itu di antaranya diberikan ke warga RT 01 RW 08, Perum Puri Darma Indah, Desa Tunggorono, Jombang dan diserahkan Mukid kepada ketua Rukun Tetangga (RT) setempat.

Berbagi kepada sesama

Mukid mengungkapkan, Hari Raya Iduladha adalah hari istimewa untuk berbagi kepada sesama, karena hari itu adalah satu dari perintah agama yang harus dilakukan dengan ketulusan.

“Kurban ini mengajak untuk berbagi kepada yang membutuhkan, ditambah Hari Raya Idul Adha kali ini berbeda dari biasanya yang mana kita mengalami masa pandemi wabah virus Corona,” kata mantan Kasatresnarkoba Polres Ngawi tersebut.

Sehingga kata dia, dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, juga harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, seperti menjaga jarak dan tetap menggunakan masker. Pembagian daging kurban juga harus dilakukan ke rumah -rumah atau dor to door.

“Kami juga berharap, iduladha 1441 H di tengah pandemi corona ini dapat berbagi kebahagiaan kepada sesama,” tandas perwira pertama asal Tarokan, Kabupaten Kediri tersebut.

Untuk diketahui pada idul adha tahun 2020, Polres Jombang berkurban sebanyak 33 ekor hewan kurban. Rinciannya 11 ekor sapi dan 22 ekor kambing. Puluhan hewan kurban tersebut, sebagian disembelih di Mapolres dan sebagian diberikan ke Pondok pesantren dan yatm piatu.


Editor: Azriel