oleh

Siswa Belajar Bersama Babinsa di Layanan Internet Gratis Kodim Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Pandemi corona belum berakhir. Kegiatan belajar di Kabupaten Jombang masih menerapkan sistem daring atau dalam jaringan tujuannya antisipasi penyebaran COVID-19. Namun, tak sedikit siswa-siswi kesulitan akses internet lantaran terbatas biaya maupun kendala lainnya.

Kali ini, beban biaya para siswa yang biasa dipakai untuk membeli paket data internet guna mengikuti proses belajar daring berkurang. Sebab, mereka dapat memanfaatkan fasilitas internet wifi gratis yang disediakan Kodim 0814 Jombang, Jawa timur.

Layanan fasilitas free wifi itu disediakan disetiap koramil. Pelajar tidak perlu khawatir kesulitan koneksi atau menghubungkan jaringan internet, sebab mereka juga didampingi oleh babinsa dan dapat belajar secara bersama.

Siswa Belajar Bersama Babinsa di Layanan Internet Gratis Kodim Jombang
Dandim 0814 Jombang Letkol Inf Triyono/ Zainul Arifin

Komandan Kodim (Dandim) 0814 Jombang Letkol Infanteri Triyono mengungkapkan pihaknya sengaja menyiapkan fasilitas wifi gratis kepada siswa siswi baik itu SMA, SMP dan SD agar tidak kesulitan dalam mengakses pelajaran maupun penugasan sekolah secara online.

“Ini kita laksanakan di 18 Koramil jajaran, secara sosialisasi sudah kita laksanakan satu minggu lewat, dan minggu ini kita launching resminya,” kata Triyono usai launching di acara bertema belajar bersama babinsa di Koramil Diwek, Jombang, Jumat (28/8/2020).

Siswa Belajar Bersama Babinsa di Layanan Internet Gratis Kodim Jombang
Siswa SD sedang memanfaatkan wifi gratis di Koramil Diwek Jombang/ Zainul Arifin
Wifi Jam 08.00 -15.30 Wib

Triyono mengatakan, fasilitas internet gratis itu dapat dinikmati para pelajar dan masyarakat luas mulai jam 08.00 Wib sampai jam 15.30 Wib dengan di bawah pengawasan para babinsa setempat.

“Pengawasan itu bertujuan jika ada kesulitan akses koneksi data internet wifi. Dan kita juga memastikan dalam belajar putra maupun putri tidak memanfaatkan untuk hal yang tidak baik atau yang sifatnya negatif,” jelasnya.

Tidak hanya internet gratis, TNI juga menyiapkan perangkat lunak komputer atau laptop yang bisa dipakai para siswa. Tempat duduknya juga diatur berjarak dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Penyediaan fasilitas itu akan terus dilakukan sampai dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka langsung.

“Sampai mereka melaksanakan pembelajaran tatap muka secara langsung. Selama itu belum dilaksanakan, fasilitas wifi gratis ini tetap kita sediakan untuk masyarakat,” imbuhnya.

Triyono berharap masing masing Koramil bisa memberitahukan keapada masyarakat bahwa di Koramil ada sarana wifi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh putra putri warga binaan para babinsa.

“Kita tidak ada pembatasan jumlah (orang), yang kita batasi cuma waktu dari jam 8 sampai dengan jam setengah empat sore, dan kita jamin akses internet lancar dan tidak mengganggu proses belajar siswa,” tutupnya.


Editor: Hafid