Cerdik, Pencuri Ini Beraksi Disaat Warga Jombang Senam Sehat

JOMBANG (.com) – Pencuri menyatroni rumah warga Dusun Karangasem, Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang. Pelaku cukup cerdik, dia beraksi di pagi hari disaat warga sedang aktivitas olahraga sehat.

Sialnya, aksinya tepergok warga dan sempat dihakimi massa yang selanjutnya diamankan oleh Polsek setempat, Minggu (29/9/2020).

Kepala Desa Karangdagangan, Tambit mengatakan, di rumah warganya sekitar jam 08.00 Wib. Menurut dia, pelaku memanfaatkan situasi sepi karena warga mengikuti kegiatan olahraga senam sehat di desa setempat.

“Pelaku membawa diparkir di depan masjid Karangasem lalu berjalan menuju ke rumah warga,” kata Tambit dihubungi wartawan melalui telepon.

Menurut Tambit, ada dua rumah warga yang berhasil dibobol yakni Heri dan rumah Suwanto. Di dua rumah itu pelaku berhasil mencuri sebesar Rp2,6 juta lebih.

“Tersangka itu diketahui keluar dari rumah, terus warga ada yang curiga ditanya kok langsung lari mengambil motor di halaman masjid,” terangnya.

Warga kemudian mengejar pelaku hingga berhasil menangkap sejauh 50 meter dari TKP. Pelaku berjenis kelamin laki-laki itu sempat dihajar massa lantaran kesal dengan pelaku saat itu berusaha kabur.

“Sempat melarikan diri sejauh sekitar 50 meter sampai menabrak warga. Tapi warga tidak apa-apa. Ya sempat dimassa tapi langsung diamankan,” ujarnya.

Tersangka warga asal Kediri

Kapolsek Bandarkedungmulyo AKP Mursid Budi membenarkan adanya pencurian dengan pemberatan () di wilayah hukumnya. Guna kepentingan penyidikan tersangka dilakukan penahanan.

“Tersangka Budi Suseno, 47 tahun, alamat Desa Beringin RT 004, RW 005, Desa Tambakrejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri,” kata Mursid dalam keterangan tertulisnya, Minggu malam.

Dari pelaku, mengamankan barang bukti 1 buah tas hitam, 2 buah obeng min besar, 1 unit honda supra x nomor polisi AG 3946 AJ dan uang tunai sebesar Rp2.650 ribu.

” Tersangka melanggar pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan,” ujar mantan Kapolsek Kesamben tersebut.


Editor: Azriel